SUWE MIJET WOHING RANTI

Pepatah Jawa di atas secara harfiah berarti lama memijat (memencet) buah ranti. Buah ranti adalah sejenis buah tomat tetapi ukurannya kecil. Kurang lebih sebesar kelereng.

Secara luas pepatah Jawa ini ingin menyatakan pekerjaan yang dapat dilakukan dengan cepat sekali atau pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Hal itu diibaratkan seperti memencet buah ranti. Buah ranti (tomat) yang kecil dan sudah matang tentu akan sangat mudah dipecahkan. Bahkan hanya dipencet dalam hitungan sepersekian detik saja sudah pecah. Demikianlan pekerjaan, tindakan, atau bahkan keinginan yang mudah dipenuhi dalam waktu sekejap sering diibaratkan suwe mijet wohing ranti.

Jika Anda bertemu orang kemudian Anda mengemukakan sebuah pekerjaan yang Anda rasa sulit dikerjakan namun orang tersebut mengatakannya sebagai suwe mijet wohing ranti, maka orang tersebut merasa bisa menyelesaikannya dengan cepat dan mudah (atau bisa juga orang tersebut justru sedang menyombong atau menyepelekan pekerjaan atau gagasan yang Anda maksudkan).***


Popular Posts