ORA NGERTI KENTHANG KIMPULE

Pepatah Jawa ini secara harfiah berarti tidak tahu (mana) kentang (mana) talasnya. Kentang dan talas adalah dua jenis tumbuhan yang berbeda sekalipun sama-sama memiliki umbi yang tumbuh dan berkembang di dalam tanah. Karakter dan ciri-ciri fisik kedua tanaman ini juga berbeda, sekalipun sama-sama menghasilkan karbohidrat.

Pepatah ini sebenarnya ingin menggambarkan situasi dimana orang tidak tahu persoalan apa yang sedang terjadi. Umumnya pepatah ini diucapkan oleh seseorang yang menyatakan bahwa dirinya sungguh tidak tahu pokok persoalan yang sedang dibicarakan atau yang menjadikan konflik, pun juga mana yang benar dan mana yang salah. Mana kentang, mana kimpulnya.

Hal demikian juga menjadi penanda bahwa orang yang mengucapkan pepatah itu tidak ingin terlibat atau dilibatkan dalam persoalan yang sedang terjadi yang biasanya melibatkan dua atau lebih orang/kubu. Pepatah itu perlu diucapkan dengan suatu maksud agar orang-orang yang terlibat persoalan kelak di kemudian hari jangan sampai menyalahkan yang mengucapkan pepatah tersebut.***

Popular Posts