MBUWANG RASE NEMU KUWUK


Pepatah Jawa di atas secara harfiah berarti membuang rase menemukan kuwuk. Rase adalah nama sejenis musang yang suka memangsa hewan jenis unggas khususnya ayam. Sedangkan kuwuk adalah nama lain untuk kucing liar yang suka memangsa daging apa saja. Kucing liar di sini dimengerti sebagai kucing hutan atau kucing yang telah minggat dari rumah pemiliknya dan hidup dalam keliarannya.

Secara luas pepatah ini ingin menyatakan tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang serba merugikan. Mbuwang rase nemu kuwuk dapat dimaknai membuang atau menyingkiri sesuatu yang buruk malahan (kemudian) menemukan sesuatu yang lebih buruk lagi.
Hal dapat dicontohkan misalnya ada seseorang yang terpaksa berpindah rumah karena di tempatnya yang semula sering terjadi bencana banjir. Akan tetapi ketika pindah ke rumah baru, orang yang berpindah itu kemudian malah disapu tsunami. Contoh lain dapat disebutkan misalnya ada sebuah perusahaan yang mem-PHK salah satu karyawannya karena karyawan tersebut mencuri sejumlah uang atau barang. Ketika perusahaan tersebut menerima karyawan baru ternyata karyawan barunya malah mengkorupsi sekian besar uang dan menggelapkan sekian banyak barang dan transaksi yang bernilai lebih besar.***
Baca juga MELANG-MELANG KAYA NINGGAL BAYI ING SAPINGGIRING JURANG

Popular Posts