Mengikuti Jejak Kristus: PASAL 8


BUKU PERTAMA
NASIHAT-NASIHAT UNTUK HIDUP ROHANI

PASAL 8
HAL MENGHINDARI PERGAULAN
YANG TERLAMPAU RAMAH

1.  Janganlah membuka isi hatimu terhadap setiap orang (Ecel.8.22), melainkan rundingkanlah kesulitan hatimu dengan orang yang budiman lagi saleh. Batasilah pergaulanmu dengan orang-orang muda dan mereka yang belum kau ketahui siapakah mereka itu. Hendaknya janganlah kita merayu orang-orang kaya, dan janganlah kita suka bergaul dengan orang-orang berpangkat, atau berkedudukan tinggi. Tetapi eratkanlah hubunganmu dengan orang-orng yang rendah hati lagi bersahaja, dengan orang-orang yang tertib dan bertakwa. Bicarakanlah dengan mereka soal-soal yang bermanfaat untuk perbaikan.
Janganlah terlalu akrab dengan seorng wanita satun juga, melainkan serahkan wanita-wanita utama kepada Tuhan supaya diberkatiNya. Hanya dengan Allah dan para MalaekatNya sajalah hendaknya kita bergaul dengan bebas dan ramah, dan baiklah kita hindari pergaulan di kalangan orng banyak.

2.  Kita harus menaruh cintakasih kepada setiap orang, tetapi terlalu akrab dengan mereka tidaklah berguna. Kadang-kadang terjadi, bahwa seorang yang tidak kit kenal, telah mempunyai nama baik yang gilang-gemilang, tetapi segera kita berhadapan dengan orang tersebut dan berkenalan dengan dia, maka lenyaplah kegemilangan namanya itu.
Kadang-kadang kita menyangka, bahwa pergaulan kita sangat menyenangkan orang-orang lain. Padahal sesungguhnya kita sangat membosankan mereka, disebabkan oleh tingkah laku kita yang mereka anggap salah dan tidak sesuai dengan kehendak mereka.(Minggu, 11/5/2014, 22.31WIB)

Popular Posts